Pages

Bagaimana berinteraksi dengan Al Quran agar meraih kesuksesan hidup

Saya sedang muroja’ah buku yang buku aslinya berjudul Mafaatihu tadabbur Al Qur’an wa annajakh fii al hayah, yang telah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia The mystery of the quran secret power.

Salah satu yang dibahas adalah tujuan membaca Al quran, yang saya summary yaitu untuk memperoleh ilmu, untuk mengamalkannya, untuk bermunajat kepada Allah, untuk mengharap pahala, untuk berobat dengannya. 

Ada salah satu bahasan yang membuat saya terkesan dan tersentak, seolah olah saya baru mendengarnya. Untuk menguatkan bahasan ini ke dalam hati, maka saya tulis ulang ke blog ini. Adapun kupasannya adalah sebagai berikut:

Hendaknya anda membaca Quran seperti halnya seorang siswa yang membaca buku pelajarannya di malam waktu ujian. Yakni bacaannya orang yang berkonsentrasi penuh dan bersiap siap untuk diuji habis habisan. Kita semua dalam kehidupan ini sedang diuji melalui Alquran. Diantara kita ada yang giat dan sungguh sungguh dan selalu mengulang ulang kitab tersebut sehingga jawabannya akan selalu tepat dan mantap.

Hendaklah anda membaca Quran seperti seorang pegawai kantor yang sedang membaca daftar peraturan yang mengatur pekerjaannya. Dan hendaklah anda tentukan jawaban setiap transaksi yang membutuhkan koreksi ulang setiap hari. Sudah menjadi ketentuan bahwa seorang pegawai kantor yang sukses adalah yang menghapal daftar tersebut dan memahaminya dengan pemahaman yang begitu cermat dan menyeluruh. Dengan hal ini, maka ia akan tergolong orang yang berprestasi di kantor.

Sesungguhnya Al quran adalah peraturan yang wajib dijadikan referensi dalam setiap situasi dan kondisi kehidupan kita. Oleh karenanya, bagi seorang yang menghendaki kesuksesan hidup, maka hendaklah ia menghapal dan memahami nash nash Al quran, untuk mendapatkan jawaban yang otomatis, cepat dan benar dalam setiap kondisi kehidupan yang ia lewati.

0 comments: