Pages

Banjir Jakarta

Foto-banjir-jakarta
Hari ini, aktifitas berjalan seperti biasa. Orang menyebutnya rutinitas harian. Sampailah saatnya saya memeriksa twitter dan facebook sekilas , ternyata timeline penuh dengan foto dan berita dengan banjir, macet, dan seterusnya. Qaddarullah wa masya’a fa’al.
Pikiran saya langsung tertuju kepada sebuah tempat bersejarah, tempat dimana saya dilahirkan, tempat dimana orang tua tercinta mendidik saya dengan limpahan kasih sayangnya, tempat penuh kenangan. Dari negeri sebrang, saya telpon dan ibunda tercinta yang mengangkatnya. Beliau (semoga Allah menjaganya) mengabarkan bahwa air dijalan sudah agak tinggi, jika mobil lewat, air itu masuk ke halaman.
Alhamdulillah ‘ala kulli haal (segala puji bagi Allah di setiap keadaan), semoga beliau disana dikaruniai kekuatan dan kesabaran dalam menghadapi ujian ini.
Kembali kepada banjir di Jakarta dan sekitarnya, kita dapat melihat manusia pada umumnya di dalam ujian ini, ada yang saling menyalahkan, ada yang sumpah serapah, tetapi Alhamdulillah ada yang bersikap sabar dan tenang serta bergantung kepada Allah menyikapi hal ini.
Allah berfirman dalam surat ke 42 ( Asy syuura) , ayat ke 30, yang intinya adalah “Dan apa saja musibah yang menimpa kamu, maka disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar dari kesalahan kesalahanmu”. Anda dapat bertanya kepada ustadz yang terpercaya tentang tafsir ayat ini, atau bisa membaca tafsir Ibnu Katsir yang sudah ada terjemahannya dalam bahasa Indonesia (seperti yang dikeluarkan oleh penerbit Pustaka Imam Syafi’I )
Semoga kita dikaruniai hidayah taufiq untuk dapat muhasabah dan bertaubat agar kita dapat selamat di dunia dan akhirat. Semoga para pemimpin dikaruniai hidayah taufiq untuk dapat menjalankan program perbaikan secara konsisten dan adil, semoga kami para rakyat dikaruniai hidayah taufiq agar saling membantu dan memperbaiki keimanan dan menjalankan amal shalih individual dan sosial.
17th Jan 2013
Saat musim dingin menerpa menara Al udaid

0 comments: