Pages

Keluarga Sakinah

Sudah lama tidak membaca buku mengenai keluarga. Akhirnya saya beli dan membacanya. Judulnya Bingkisan Istimewa Menuju Keluarga Sakinah, karangan Ust. Yazid. Segala puji bagi Allah yang memberikan nikmat keluangan waktu sehingga saya bisa melahap dengan lezatnya ilmu-ilmu yang diuraikan pada lembar-lembar buku ini.

Sampailah pada suatu halaman yang membuat saya membacanya berulang-ulang, yang membuat saya bersyukur kepada Allah karena menurut saya, parameter yang disebutkan pada hadits tersebut membuat saya merasa qanaah dan bahagia.



Apa sabda Rasul Shallallahu alaihi wa sallam tersebut? Mari kita lihat bersama-sama:

" 4 Hal yang merupakan kebahagiaan: Istri yang shalihah, tempat tinggal yang luas, tetangga yang baik, dan kendaraan yang nyaman. Dan empat hal yang merupakan kesengsaraan: tetangga yang jahat, istri yang buruk, tempat tinggal yang sempit, dan kendaraan yang jelek." (Ibnu Hibban, no. 4021)

Yang ingin saya bahas disini adalah hal tempat tinggal yang luas. Rumah saya sekitar 146 meter dan luas tanahnya kurang lebih 200 meter. Mungkin ini dianggap sempit bagi rekan-rekan, tapi ketahuilah rumah ini saya anggap sudah luas sekali, dimana anak-anak bisa bermain dan berlari-lari di halaman depan, halaman tengah, dan bermain di saung halaman belakang. Saya bisa menanam pohon pisang, pepaya, singkong dihalaman belakang. Di halaman tengah, saya sedang menanam pohon mangga. Sedangkan dihalaman depan, dipenuhi oleh euphorbia, adenium, dan lain-lain. Belum lagi kalau melihat depan rumah saya yang "plong". Alhamdulillah, nikmatnya tinggal di Bogor.





Saung di halaman belakang










Pohon pisang dan pepaya di halaman belakang





Dari hadits di atas, saya jadi terinspirasi, sebenarnya kita disuruh kaya harta, sebab mempunyai tempat tinggal luas dan kendaraan yang nyaman adalah tidak bisa kalau tidak kaya harta. Jadinya jiwa enterpreneur semakin membara lagi nich....

0 comments: