Pages

Adab nge-BB

Pekan ini kita dihebohkan mengenai berita tentang akan di blocknya layanan RIM atau Blackberry Internet Service. Kabarnya sedang tahap pembicaraan apakah jadi ditutup atau tidak.

Tapi tidak ada salahnya saya menuliskan adab adab memakai BB, yang saya dapat dari salah satu group BBM yang bersumber dari ustadz Badru.

Agar menuai keberkahan dengan memakai BB, maka kita perlu menerapkan adab nge-BB sebagai berikut:

1. Ikhlaskan niat untuk mencari ilmu, ikut group group BBM yang produktif dan menambah ilmu terutama ilmu syar’i.

2. Usahakan ngobrol ngalor ngidulnya dikurangi.

3. Saling member nasihat karena manusia tempat kesalahan.

4. Bercanda boleh, tapi jangan berlebihan. Bercanda terkadang perlu untuk menghilangkan kesenjangan dan kejenuhan.

5. Jadikan BB sebagai alat untuk mendulang pahala.

6. Jauhi ghibah kecuali yang diperbolehkan.

Intinya jadikan gadget yang kita miliki untuk hal yang produktif dan bermanfaat (misalnya menuntut ilmu syari, membaca artikel ilmiah, untuk sarana berbisnis dan berdagang, sebagai sarana silaturahim keluarga, dan lain lain) , jangan jadikan gadget yang kita miliki hanya untuk pamer apalagi untuk hal yang porno dan melakukan maksiat lainnya.

Tidaklah salah kita memiliki gadget yang high tech, tapi ajarkan anak anak kita untuk menggunakan internet secara sehat. Tanamkan aqidah dan akhlak kepada mereka agar mereka dapat menyaring informasi negatif. Dengan aqidah dan akhlak yang kuat niscaya mereka akan menggunakan teknologi canggih hanya untuk produktifitas positif yang bermanfaat bagi pribadi dan ummat manusia.

Mari kita galakkan internet sehat kepada diri pribadi, anak anak, keluarga, dan seluruh masyarakat Indonesia. Merdeka!!!!!

0 comments: