Pages

Sayembara kehidupan

Perlombaan.... Kata ini adalah kata yang tepat untuk mengartikan sayembara. Setiap perlombaan harus ada peserta. Dan setiap peserta yang memenangkan perlombaan akan mendapatkan hadiah. Sudah tentu setiap perlombaan ada persyaratan yang harus diikuti.

Kesimpulan paragraf diatas adalah:
  • perlombaan harus ada aturan mainnya. Dan ada orang yang bertugas menyampaikan syarat dan aturan mainnya.
  • pada setiap perlombaan, selalu ada sang pemenang.
  • ada hadiah bagi sang pemenang.

Begitu juga dengan kehidupan ini yang pada hakikatnya adalah sebuah perlombaan. Yang menciptakan perlombaan adalah Yang Maha Pencipta. Yang bertugas untuk menyampaikan aturan main adalah manusia yang diutus Allah, yaitu Nabi Muhammad (semoga shalawat dan salam terlimpah kepada beliau). Terakhir, hadiah dari perlombaan ini adalah surga.

Melalui sirah perjalanan Rasul dan sahabat yang kita baca dan dengar dari para 'ulama, sang pemenang dalam lomba kehidupan ini sudah diketahui melalui lisan Rasul yang mulia. Ada sepuluh sahabat Nabi yang dijamin masuk surga. Dan ada lagi beberapa sahabat yang Nabi sebutkan surga untuk mereka. Merekalah pemenang sesungguhnya dari perlombaan ini.

Agar menang dalam perlombaan, hendaknya kita perlu dan harus mengikuti tips dan perjalanan sang pemenang. Oleh karena itu, sudah sewajarnya kita mengikuti tata laku kehidupan mereka. Mengikuti pemahaman beragama mereka dalam ketaatan mereka kepada Rasul.

Mudah mudahan dengan taat kepada Rasul (beribadah kepada Allah) dengan mengikuti pemahaman dan perikehidupan sahabat, kita dapat meraih kemenangan hakiki dalam perlombaan kehidupan ini.

Tulisan ini adalah bersumber dari kajian Ilmiah ustadz Fahrudin Nu'man yang bertema sayembara kehidupan.

0 comments: