Pages

Nasihat Nabi

Saya mengenal seorang dokter kandungan dengan baik, mungkin karena dua anak pertama saya diperiksa oleh beliau. Oleh karena itu, ketika berkunjung ke tempat prakteknya, kami mengobrol lepas. Sampai suatu saat, beliau bercerita bahwa ada dua pasiennya, yang satu sudah KB steril (tubektomi ya istilahnya??) selama 8 tahun yang satunya lagi sudah sekitar 9 tahunan. Apa yang terjadi? Dua duanya kembali hamil.

Pada detik itulah, pikiran saya melayang. Terbang ke suatu momen dimana pada waktu itu sedang ikut kajian ilmiah yang membahas tema Nasihat Nabi kepada Ibnu Abbas. Kalo isi detailnya, silakan lihat pada kitab kitab hadits dan buku buku agama. Secara general, terdapat kalimat , "Jagalah Allah, niscaya Allah akan menjagamu. Apabila kau meminta, mintalah kepada Allah. Seandainya suatu umat berkumpul untuk memberikan manfaat kepadamu maka mereka tidak bisa memberi manfaat tersebut kecuali yang telah ditakdirkan Allah untukmu. Apabila mereka berkumpul untuk memudharatkanmu maka mereka tidak bisa memudharatkanmu kecuali dengan apa-apa yang ditakdirkan oleh Allah atasmu."

Sepanjang perjalanan saya membatin,"hhmmmhhh... walaupun orang di atas sudah berusaha semaksimal mungkin untuk tidak lagi punya anak, jika Allah berkehendak orang itu hamil, maka jadilah ia..." Alhamdulillah, begitu banyak kejadian yang dapat dijadikan pelajaran kehidupan dimana pelajaran itu membuat iman semakin bertambah.

Begitu juga dengan kondisi bisnis kita. Sudah berpeluh kita berusaha, tapi hasil positif belum juga didapat. Ingatlah untuk positive thinking, mungkin Allah memutuskan itu yang terbaik untuk kita. Qonaah dan bersyukur membuat hidup bahagia. Tapi sifat qonaah tidak meniadakan usaha loh. Kita tetap disyariatkan untuk berusaha atau berikhtiar semaksimal mungkin. Selamat berusaha.....

NOtes:
Kata Ustadz, Jagalah Allah maksudnya adalah menjaga batas batas (syariat) Allah.

0 comments: