Pages

Durusul Lughoh kitab 1

Alhamdulillah, setelah melewati beberapa tahapan waktu, akhirnya saya telah menghabiskan kitab Durusul lughoh jilid satu. Kitab yang berisi tentang pelajaran bahasa arab. 

Pekan ini saya sudah menamatkan dars yang ke 23, yang berarti telah habis menyantap seluruh pelajaran yang ada di kitab yang pertama. Saya belajar kitab ini dengan bimbingan seorang ustadz yang baik hati penuh kesabaran mengajarkan saya tahap demi tahap. Semoga beliau dikaruniai keberkahan ilmu.. Aamiin..

Beliau mengatakan bahwa pekan yang akan datang akan mengetes saya. Gunanya agar beliau mengetahui seberapa paham saya mengkaji kitab ke satu ini. Ada tiga tahapan tes, pertama adalah mufrodat (termasuk mufrod dan jama', mudzakkar dan mu'annats, dst), kedua adalah soal soal (tamarin) yang beliau berikan , dan tes terakhir adalah hiwar dan membuat kalimat serta mentranslate kalimat.

Jika saya lulus tes ini, beliau mengizinkan saya untuk melanjutkan mengkaji kitab yang ke dua. Hmmmh.. Ikhtiar yang sudah saya lakukan adalah:

- saya sudah menulis mufrodat yang ada di buku satu, memahamkannya di benak agar hapal, dan mengulang-ulang kata tersebut.
- membaca kitab tersebut dan mengulangi kembali.
- Membuat summary kitab tersebut di buku tulis tersendiri.
- Membaca buku tulis di atas.

Yang patut diingat adalah, jangan menyandarkan kepada ikhtiar kita semata, sandarkanlah semuanya hanya kepada Allah, mintalah kemudahan dalam menempuh perjalanan ilmu tersebut. Insya Allah akan dimudahkan.. Aamiin..


Doha,
Ditengah ngantuk yang dahsyat...


0 comments: