Pages

Homeschooling, sebuah alternatif pendidikan

Sharing ini terinspirasi dari milis tetangga yang berdiskusi tentang homeschooling. Ditengah maraknya pendidikan mahal, homeschooling merupakan alternative murah bagi kita. Kelas cukup di rumah, mengumpulkan beberapa anak dan para orang tua sebagai pengajar, jika ingin meraih ijazah, cukup ujian persamaan di sekolah yang ditunjuk.

Ada pro kontra memang, tapi saya tidak membahas itu. Saya tertarik kepada cerita rekan saya di milis yang mempunyai kebebasan waktu. Jadi beliau sendiri yang mengajarkan anaknya, terutama bekal untuk hidup (life skill) tidak seperti sekolah lainnya yang hanya melulu menghapal teori. Beliau berani sekali untuk mengambil keputusan tidak menyekolahkan anaknya ke sekolah formal. Beliau dan sekitar sepuluh orang yang seide berkumpul dan menjadi guru bagi anaknya sendiri. Untuk bersosialisasi, kadang-kadang kelasnya diadakan diluar (outbound). Lokasi belajar pindah dari satu tempat ke tempat lain. Anak-anak dengan cerianya tampak semangat, jangan ditanya, kemampuan bahasa mereka mungkin lebih jago dari saya, mereka fasih berbahasa Arab dan Inggris.

Beberapa bulan lalu, untuk pelajaran pertanian mereka memanggil sarjana dari IPB, terlihat dengan senangnya mereka praktek menanam dan merawat tumbuh-tumbuhan. Ada juga pelajaran menjahit. Dan banyak lagi life skill yang dipelajari disana.

Mendengar penuturan beliau sepertinya seru juga ya. Kita sendiri yang mendidik langsung skill of life di sekolah kehidupan ini. Akan tetapi, untuk full langsung 100% seperti beliau belum bisa, maklum masih belum punya “kebebasan waktu” seperti beliau. Suatu saat dalam waktu dekat, saya akan mengikuti jejaknya. Itulah dream saya, dream boleh kan? Lagipula gratis. Mudah-mudahan saja terlaksana.

Tetapi sepertinya saya tidak “seekstrim” beliau, sepertinya saya masih menyekolahkan anak ke sekolah formal. Maklum di Indonesia ini, ijazah masih dianggap penting untuk urusan-urusan tertentu.

Mudah-mudahan sharing ini dapat menginspirasi kita-kita termasuk saya yang amphibi untuk segera full TDA.

0 comments: