Pages

Business Journey (seri 3)

Sebelumnya silakan baca business journey pertama dan ke dua agar tidak terputus "perjalanannya".
----------------------------------------------------------------------
Ada hal fundamental yang harus diresapi di dalam neuron-neuron otak kita dan dihayati oleh hati kita. Mengapa saya sebut fundamental, ya karena hal ini sangat mendasar dan harus diketahui untuk melakukan perjalanan fantastic ini.

Hal hal tersebut adalah:

1. Sebab akibat.
Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, saya ingatkan kembali agar segar di ingatan kita, contohnya adalah:

a. Benda akan panas jika dibakar oleh api.Sebab: Api, Akibat: panasnya benda.
b. Tanaman akan berbunga jika diberi pupuk dan air. Sebab: pupuk dan air, Akibat: berbunganya tanaman.
c. Daerah di bantaran kali akan banjir jika ditimbun sampah.Sebab: sampah, Akibat: banjir.
d. Dan masih banyak uraian sampel point nomor satu ini.

2. Positive thinking.
Rekan yang mendalami psikologi menyebutnya belief. Jika anda mempunyai belief yang kuat, hal yang anda yakini akan menjadi nyata. Itu kata mereka. Kalau saya melihatnya dengan kacamata agama, yaitu: Allah akan mengikuti persangkaan hamba-Nya. Jadi kalau kita berbaik sangka kepada Allah, dengan kuasaNya, akan menghasilkan sesuatu yang baik pula.

3. The law of expectation.
Apa saja yang anda ekspektasikan sebagai self-fulfilling hope. Inilah bedanya orang sukses dan orang gagal. Berdasarkan studi literatur dari biografi profil ternama, mereka mempunyai keinginan yang sangat kuat untuk maju. Sementara sisanya (orang gagal), bagaimana mereka menghasilkan karya spektakuler, mimpi dan keinginan untuk sukses saja tidak ada dalam kamusnya.

4. The law of attraction.
Sebagaimana magnet yang menarik benda-benda di sekitarnya, sebenarnya kita juga bisa menarik teman, situasi, keadaan, hasil yang selaras dengan pikiran kita. Ada tamsil yang menarik dari point ini, jika anda berteman dengan penjual parfum, partikel-partikel wangi zat parfum ini akan mengadakan kontak dengan body kita (tarik menarik), sehingga hasilnya? Mudah ditebak, kita akan kebagian harumnya…

5. Korespondensi
Segala hal ini, kalau ditelisik lebih mikro lagi, sebenarnya saling berkaitan/berkorespondensi. Suasana yang ada di hati anda, pasti terpancar dan terlihat sangat jelas pada gesture tubuh dan wajah anda. Suasana muram yang berkecamuk di hati, dapat diketahui dengan bahasa tubuhnya, biasanya bahu agak turun dan bungkuk, mata menunduk, tidak sedikitpun senyum di mulutnya. Inilah contoh keterkaitan antara apa yang di dalam (inner) tubuh dan diluar (outer).

Jadi, jikalau ingin sukses dalam berbisnis, tanamkan dalam pikiran anda bahwa anda adalah orang yang sukses.

Summary pelajaran di atas adalah:

Point 1
Untuk mencapai kesuksesan dalam berbisnis, cari sebab-sebab sukses, ingat jangan hanya dicari saja, tapi amalkan (bahasa kerennya “Action”) sehingga menghasilkan akibat yang excellent.

Point 2
Apapun kejadian yang menimpa kita, kita harus berpositive thinking.

Point 3
Kita harus mempunyai Dream dan keinginan yang kuat. Tapi hati-hati, sekedar mimpi tanpa merealisasikan kedalam keseharian hanya akan membuat kita panjang angan-angan. Sementara kita dilarang untuk panjang angan angan.

Point 4
Untuk beresonansi dan menarik hal hal positif, terlebih dahulu kita harus menjadi positif. Istilah rekan motivator “Be Positive!”

Point 5
Jika Outer World kita ingin bagus, terlebih dahulu kita harus enhance Inner world kita. Dengan keterkaitan sesuatu di dunia ini, seharusnya kita bergaul dengan orang-orang sukses agar bisa berkorespondensi dengan kita, minimal kita create atmosfir sukses pada diri kita dengan berhubungan dengan mereka.


Nantikan perjalanan berikutnya. Tidak bosan-bosan saya mengajak anda bersama-sama menikmati trip indah ini, dengan berdiskusi, mengisi comment, mengirim email ke jundi@telkom.net, menulis di shout-box.

Oh ya ada yang lupa, bisa juga add Y!M saya, user saya irwinjz. Cukup perkenalkan saja ingin ikut business journey yang di blog saya, Insya Allah usernya saya Add.

See you at the next stage….

0 comments: