Pages

Menikmati proses

Tulisan ini terinspirasi dari hal yang saya alami. Pada suatu sore, setelah melakukan dzikir petang sehabis Ashar saya keluar dan pergi menuju lift parkiran. Seperti yang sudah diketahui bersama bahwa lift tersebut bergerak (naik atau turun) lebih lama dari lift yang terdapat di gedung utama.

Pada waktu itu saya tidak sendiri. Saya ditemani satu orang yang nampaknya telah menunaikan shalat Ashar juga. Beberapa menit berlalu sementara lift yang berada di hadapan kami tidak satupun yang pintunya terbuka. Sampailah kemudian orang tersebut memutuskan untuk pergi dan melewati tangga, mungkin tempat kerja beliau tidak terpaut jauh dari masjid tempat kami shalat.


Apa yang terjadi? Berselang beberapa detik, pintu lift terbuka. Orang itu sudah terlanjur menuruni satu anak tangga, sedangkan saya langsung memasuki lift dengan senyum dikulum sambil berkata,"andai saja orang itu menunggu beberapa detik lagi"


Berkaca dengan kejadian di atas, sayapun berpikir bahwa peristiwa serupa bisa terjadi pada kehidupan bisnis. Kita umpamakan waktu terbukanya lift di atas sebagai waktu kesuksesan bisnis kita sedangkan aktifitas menunggu lift terbuka itu adalah kegiatan bisnis kita.


Bagi yang merasa perjalanan bisnisnya itu itu saja, tidak nampak kenaikan signifikan dari segi material, lihatlah bahwa kita tidak tahu kapan terjadinya momentum yang meleverage bisnis kita menjadi besar. Bisa jadi setelah kegagalan berikutnya, bisa jadi setelah 10 kali tersungkur, bisa jadi minggu depan. Kita tidak tahu.


Yang harus kita lakukan adalah menikmati prosesnya sambil menunggu moment itu. Teruslah persistent dan Istiqamah berusaha karena bisa jadi setelah kegagalan ini justru terjadi peristiwa keberhasilan. Janganlah mudah menyerah dengan meninggalkan usaha karena pastilah kita akan sangat menyesal jika kita tahu seandainya kita bertahan beberapa waktu saja, kita akan naik ke kelas yang lebih tinggi.


Jika kita sudah mengalami seribu kegagalan, jangan pernah berhenti berusaha. Mungkin saja di langkah ke seribu satu kita akan menemukan pintu keberhasilan dan masuk ke sana. Kesimpulannya adalah tiga kata, yaitu nikmati aja prosesnya.

0 comments: