Pages

Semangat belajar

Bukan.. bukan saya. Mungkin pembaca mengira tulisan yang berjudul semangat belajar ini ditujukan atau menceritakan tentang saya. Hehehe.. Akan tetapi atasan saya yang orang lokal sini. Beliau sudah tua, akan tetapi sangat berminat mempelajari hal baru, salah satunya bahasa Indonesia.
Saya tidak tahu motivasinya mempelajari bahasa Indonesia, apakah ingin travel ke Indonesia atau yang lainnya. Lagipula kan itu bukan urusan saya untuk mencari tahu motivasinya. Hehehehe.
Yang jelas ketika beliau tahu saya sedang mempelajari bahasa arab, beliau langsung semangat dan berkata,”kalau ada kesulitan bisa bertanya ke saya, tapi kamu juga ajari saya bahasa Indonesia ya”. Gayung bersambut, saya iyakan permintaannya.
Hari ini saya tiba tiba dipanggil ke ruangannya yang cukup besar itu. Saya kira ada problem mengenai network di kantor yang segera harus saya tangani. Eh, ternyata beliau bilang, sekarang tolong ajari saya bahasa Indonesia dari dasar. Akhirnya saya ambil kertas dan pensil, membagi kertas itu menjadi tiga bagian. Bagian pertama saya alokasikan untuk bahasa Indonesia, bagian kedua untuk bahasa Inggris, dan bagian terakhir untuk bahasa Arab.
Untuk kesempatan kali ini, saya perkenalkan tentang greeting atau percakapan ketika bertemu orang. Misalnya, apa kabar, siapa namamu, dan seterusnya. Saya tulis bahasa Indonesianya, saya terangkan artinya dalam bahasa Inggris, lalu dia tuliskan kalimat itu ke dalam bahasa Arab.
Saya hanya bisa tertawa dalam hati (emang bisa ketawa ya??) ketika beliau melafalkan apa yang saya tulis dalam bahasa Indonesia. Ya iyalah, masa tertawa dihadapan beliau. Hehehe. Walaupun bagi saya pelafalannya lucu didengar, terlihat sekali beliau gigih untuk mempelajarinya (mungkin karena baru pertemuan pertama kali ya??)
Wah, rasanya seneng banget ngajarin orang luar berbahasa Indonesia yang baik dan benar. Pikiran bisnis saya langsung melayang nih, buka privat bimbingan bahasa Indonesia aja di sini kali ya...

0 comments: