Pages

Akhirnya kami memilih homeschooling

Sebelumnya saya pernah menulis tentang homeschooling di beberapa artikel sebelumnya. Seperti di  http://abuafra.blogspot.com/2007/08/homeschooling-sebuah-alternatif.html  dan http://abuafra.blogspot.com/2006/08/gerakan-bersama-untuk-anak-kita.html
Pada tulisan sebelumnya, saya ingin sekali menerapkan homeschooling setelah terinspirasi cerita teman yang sharing mengenai aktifitas di sebuah komunitas homeschooling. Sebelum tahu banyak tentang apa itu homeschooling atau home education, persepsi saya adalah sama dengan pikiran banyak orang tua lainnya. Misalnya, anak anak itu HS (homeschooling) adalah anak yang kuper karena hanya belajar saja di rumah. Gimana kalau anak HS mau meneruskan studinya ke perguruan tinggi? Anak HS gak dapat ijazah dong, trus kalo mau kerja gimana? Dan seribu pernyataan dan pertanyaan lain yang ada dibenak saya.
Akan tetapi, setelah mendapat informasi yang shahih dari pelaku homeschooling dan survey ke tempatnya langsung serta melihat sendiri perkembangan anak anak member komunitas homeschooling, saya jadi surprised, kagum, dan bersyukur seraya berucap,”ternyata apa yang dibenak saya selama ini keliru”.
Kemudian saya mencari informasi di internet, apakah ada anak HS yang berhasil masuk perguruan tinggi favorit, dan saya menemukan dua link di bawah.
Setelah hijrah ke tempat baru ini, sebenarnya kami ingin menyekolahkan anak kami di international school atau minimal state school. Tapi saya menerima informasi dari ikhwan bahwa lingkungannya kurang kondusif sehingga apa apa yang kita bangun melalui SDIT di Indonesia jadi hancur lagi. Tidak hanya satu orang yang bilang begitu, tapi ada beberapa ikhwan yang bahkan telah 12 tahun menetap disini.
Ditambah lagi beberapa kondisi, akhirnya kami memutuskan menerapkan Homeschooling untuk anak anak kami, Insya Allah. Dalam bulan bulan ini, saya dan ibunya anak anak sedang giat giatnya mencari informasi dari praktisi langsung, para ummahat yang tangguh dan sabar mendidik anak anaknya. Lalu saya akan mendapatkan kurikulum terbaik, dan sistem terbaik untuk diterapkan di rumah kami, sebab lain anak lain pendekatannya, oleh karena itu kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkan yang terbaik.
Saya akan menuliskan petualangan baru kami sekeluarga tentang homeschooling ini  pada blog khusus. Mungkin blog anak kami yang sudah ada seperti  http://karyahalwa.blogspot.com/ dan http://celotehanafra.blogspot.com/  akan diberdayakan guna menyimpan dokumentasi pelajaran (semacam worksheet atau lapbook).
Bismillah, petualangan baru dimulai......

0 comments: